Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Mitos Lintang Kemukus yang Dianggap Pertanda Bahaya

Munculnya lintang kemukus (komet) di langit Indonesia beberapa waktu lalu sempat membuat heboh netizen. Fenomena alam berupa sinar garis berwarna oranye itu bahkan terlihat jelas di beberapa pulau Jawa, yakni Bojonegoro, Tuban, Yogyakarta, Karawang, dan Jawa tengah.

Lintang kemukus sendiri merupakan istilah yang diambil dari bahasa Jawa yakni kukus yang berarti Asap. Dalam kosmologi Jawa, lintang kemukus adalah tetenger atau penanda akan datangnya zaman jungkir balik.

Meski dikategorikan sebagai fenomena alam, Namun banyak juga masyarakat menganggap kemunculan lintang kemukus ini menjadi isyarat atau melambangkan pertanda buruk.

Hal ini yang kemudian menjadi terbentuk sebuah mitos di tengah-tengah masyarakat. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tanda raja (pemimpin) berbela sungkawa jika muncul dari arah timur

Lintang kemukus yang muncul dari arah timur menandakan raja atau pemimpin sedang berbela sungkawa, sementara rakyatnya dilanda kebingungan, ada banyak kesusahan dan kerusakan yang terjadi di desa. Selain itu, harga beras dan padi menjadi mahal namun emas malah murah.

2. Kemunculan dari arah tenggara menjadi pertanda akan munculnya wabah

Jika lintang kemukus munc dari arah tenggara, tanda-tandanya adalah ada raja atau pemimpin yang mangkat (meninggal dunia), banyak orang dari desa yang berpindah, jarang turun hujan, buah-buahan banyak yang rusak, merebaknya wabah penyakit yang membuat orang sakit dan meninggal dunia, beras dan padi mahal, hingga banyak kerbau yang dijual.

3. Lintang kemukus yang muncul dari arah selatan pertanda rakyat akan merana meski berlimpah materi

Sedangkan lintang kemukus yang muncul dari arah selatan, pertanda ada raja atau pemimpin yang mangkat, para pembesar merasa kesusahan, banyak hujan dengan hasil kebun melimpah hingga beras, padi, dan kerbau dihargai sangat murah, namun orang-orang desa merana. Momen ini membuat mereka kembali mengagungkan kekuasaan Tuhan.

4. Jika lintang kemukud muncul dari arah barat merupakan pertanda bagus

Lintang kemukus yang muncul dari arah barat menandakan adanya penobatan raja atau pemimpin baru. Para pejabat, pembesar, dan rakyat menyambut gembira hal tersebut. Apapun yang ditanam tumbuh dengan subur sehingga beras dan padi sangat murah. Hujan turun sangat deras dan lebat dalam waktu lama, barang-barang berlimpah dengan harga murah karena mendapat berkah dari Tuhan.

5. Lintang kemukus dari arah barat laut jadi pertanda akan ada banyak perselisihan

Kemunculan lintang kemukus dari arah barat laut menandakan akan terjadinya banyak perselisihan di pemerintahan. 

Para adipati (pejabat saat ini) saling berselisih dan berebut kekuasaan yang menyebabkan warga desa (rakyat) bersedih hati.

Kerbau dan sapi banyak yang mati, hujan maupun petir berada di tempat yang salah, kekurangan meluas dan terjadi sangat lama. Harga emas sangat murah pada saat itu.

6. Pertanda raja (pemimpin) sedang kalut jika lintang kemukus muncul dari Utara

Sama dengan barat laut, kemunculan lintang kemukus dari arah utara ini juga menandakan raja atau pemimpin sedang kalut lantaran adanya kekeruhan dalam pemerintahan. 

Terjadi perselisihan luar biasa yang kemudian menimbulkan peperangan. Beras dan padi mahal namun emas menjadi sangat murah.

Nah itu dia beberapa mitos lintang kemukus yang sering dikatakan para masyarakat terutama pulau jawa. Semoga tidak terjadi apa-apa ya dan semoga kita selalu dalam Lindungan-Nya. Aamiin...

Sumber : Boombastis

Post a Comment for "6 Mitos Lintang Kemukus yang Dianggap Pertanda Bahaya "